Ulasan Apple iPad Air (2022): Hampir semua yang Anda inginkan

Apakah Anda melihat iPad Pro dengan mata iri tetapi tidak mau membayar harganya, hanya untuk kemudian membuat mereka berkaca-kaca ketika Anda melihat iPad yang lebih terjangkau, tetapi lebih mendasar? iPad Air generasi kelima mengesampingkan keduanya dengan kinerja Pro-mengkhawatirkan dan desain cerdas yang membuat iPad menyusut ke latar belakang. Jadi, apakah ini kesepakatan yang dilakukan dan apakah iPad Air terbaru adalah iPad yang harus dibeli kebanyakan orang? Ya, tapi itu pasti tidak semuanya, jadi mari kita masuk ke detailnya.

Desain

Apple iPad Air generasi ke-5 (disingkat menjadi iPad Air 5 untuk ulasan ini) terlihat identik dengan iPad Air generasi ke-4, yang dirilis pada tahun 2020, selain itu sebenarnya mengatakan iPad Air dan bukan hanya iPad di panel belakang. Ini berarti bodi aluminium yang sangat tipis, lensa kamera tunggal di bagian belakang, dan sensor sidik jari Touch ID di tombol daya. Juga seperti model generasi ke-4, ia hadir dalam pilihan warna yang berbeda: abu-abu ruang, cahaya bintang, merah muda, ungu, dan biru, yang dapat Anda lihat di foto kami.

Bodi tipis 6,1 mm sangat portabel, dan bobot 461 gram membuatnya nyaman untuk dipegang bahkan saat berbaring. Sudutnya yang membulat tidak menyentuh telapak tangan Anda, bezelnya tidak terlalu tipis sehingga tidak ada tempat untuk menahan tablet, dan layar 10,9 inci terasa seperti titik manis untuk menyeimbangkan kenyamanan dan kemampuan. Ada alasan mengapa Apple tidak mengubah desain untuk model generasi ke-5, dan itu karena tidak ada yang salah dengan generasi ke-4.

Ini bisnis seperti biasa, kalau begitu. iPad Air 5 tidak revolusioner dalam desainnya, dan karena pada dasarnya sama dengan model terakhir, tidak akan mengejutkan siapa pun yang telah menggunakan iPad Air selama beberapa tahun terakhir. Jika Anda memiliki iPad Air generasi ke-3, itu akan terlihat sangat baru jika dibandingkan, karena sedikit peningkatan ukuran layar, pengurangan ketebalan bezel, dan kurangnya tombol Home.

Anda membuka kunci iPad Air 5 menggunakan sensor sidik jari Touch ID di tombol daya, dan tidak ada opsi untuk ID Wajah. Tombolnya ramping dan disetel hampir rata dengan bodi tablet, jadi perlu sedikit membiasakan diri. Saya tidak menemukannya secepat ID Wajah di iPhone atau iPad Pro, dan saya akan berhati-hati untuk membeli beberapa kasing karena akan sulit untuk ditekan jika kasingnya tebal. Tetapi begitu Anda terbiasa dengan kebutuhannya untuk meletakkan jari Anda di sensor untuk ketukan lebih lama dari yang diharapkan, itu sangat andal. Plus, saya suka indikator di layar yang menunjukkan di mana sensor berada. Sangat membantu.

Ada laporan online tentang iPad Air 5 berderit saat ditekuk dan kekhawatiran tentang kualitas pembuatannya. IPad Air 5 yang saya miliki tidak berderit, tetapi tentu saja melentur dengan cara yang lebih mengkhawatirkan daripada yang saya inginkan. Hanya sedikit putaran dan Anda hampir dapat melihat tablet berubah bentuk, dan ini membuat saya khawatir tentang daya tahan jika Anda tidak berhati-hati dengannya.

Panel belakang aluminium juga melentur saat Anda menekannya, sesuatu yang tidak terjadi di iPad Pro 2020 saya, dan saat saya membawanya kemana-mana. ada perasaan yang membingungkan bahwa ada sesuatu di dalam tablet yang bergerak. Saya tidak tahu apa itu (saya cukup yakin tidak ada hewan kecil di sana), dan saya tidak merasakannya sepanjang waktu, tetapi bukan itu yang saya harapkan dari produk Apple dengan harga ini. Namun, tidak ada bukti bahwa semua ini memengaruhi kinerja atau membuat tablet kurang tahan lama, dan mungkin juga tidak memengaruhi semua iPad Air 5s. Singkatnya, jarak tempuh Anda mungkin berbeda.

Layar dan kinerja

IPad Air 5 menggunakan layar LED-backlit 10,9 inci dengan resolusi 2360 x 1640 piksel, sistem manajemen warna True Tone Apple, dan dukungan untuk Apple Pencil generasi ke-2. Di atas kertas, ini sangat dekat dengan layar iPad Pro 11 inci, tetapi saya melihat kecerahan yang sedikit lebih rendah, dan ruangan yang gelap tentu lebih baik untuk menonton video di dalamnya. Ini tidak buruk, dan sama sekali tidak disayangkan karena kurangnya kecepatan refresh 120Hz ProMotion Apple.

Ketika saya membandingkan seluruh “pengalaman iPad Air” secara langsung dengan iPad Pro 2020 saya, semuanya mulai dari membuka kunci dan membuka aplikasi hingga menggulir teks dan menjelajahi web terasa lebih mulus di layar ProMotion 120Hz Pro. Tidak hanya lebih nyaman di mata, tetapi juga lebih menyenangkan, dengan kualitas tinggi yang terasa saat menggunakan tablet. Saya tidak dapat mengesampingkan hal ini selain fitur ProMotion, karena prosesor M1 iPad Air 5 lebih baru dan lebih cepat daripada A12Z Bionic di iPad Pro saya, dan perangkat lunaknya identik pada keduanya.

Oleh karena itu saya benar-benar berpikir perlu menghabiskan lebih banyak untuk mendapatkan layar dengan kecepatan refresh yang lebih tinggi jika Anda mampu membelinya, tetapi apakah itu membuat layar iPad Air 5 buruk? Tidak, hanya saja ada lompatan kualitas yang jelas antara itu dan model berikutnya. Menonton Hawkeye dalam streaming UHD dari Disney+ menunjukkan betapa penuh warna, detail, dan tajam gambarnya, tetapi layar harus dalam kecerahan penuh untuk menghargai kemegahannya. Suara dari speaker stereo keras dan kaya dengan jumlah bass yang layak, dan saat Anda menghubungkannya ke sepasang AirPods Pro, Anda mendapatkan daya tarik tambahan dari Audio Spasial. Semakin dalam Anda berada di ekosistem Apple, semakin Anda akan menghargai iPad Air 5, sebuah tema yang berlanjut nanti.

Di sisi kinerja, M1 adalah monster. Hampir seperti ada terlalu banyak daya, dan tablet menjadi frustrasi menunggu tantangan nyata ketika yang saya minta hanyalah membuka halaman atau memutar video YouTube. Memainkan Asphalt 8: Airborne adalah berjalan-jalan di taman untuk tablet dan menggunakan LumaFusion untuk mengedit video terasa lebih tajam daripada di iPad Pro 2020 saya, meskipun tidak secara drastis. Pada akhirnya, iPad Air 5 lebih dari mampu hampir terlepas dari apa yang ingin Anda lakukan.

Perangkat lunak dan pekerjaan

Bisakah iPad Air 5 digunakan untuk keperluan kerja dan sebagai alternatif laptop? Ini memiliki kinerja lebih dari cukup untuk melakukannya, setidaknya. Prosesor octa-core M1 di iPad Air 5 hadir dengan RAM 8GB, grafis octa-core, dan Neural Engine Apple, jadi tidak jauh berbeda dengan Apple MacBook Air M1 termurah. Saya secara teratur menggunakan iPad Pro dan Magic Keyboard 2020 sebagai pengganti laptop untuk menulis artikel, mengedit video, dan melakukan tugas serupa, jadi bagaimana iPad Air 5 melakukannya?

Untuk saya bekerja, iPad Air 5 adalah alternatif laptop yang sebenarnya, tetapi karena saya akan kembali lagi nanti, itu tidak berarti itu akan lebih murah daripada laptop.

Pada titik ini, saya mengetik di layar iPad. Seperti versi sebelumnya, ini apik dan alami. Butuh beberapa saat untuk menyesuaikan dengan kurangnya “biaya, l” dan Anda harus menggunakan pintasan untuk meningkatkan kecepatan. Jika Anda ingin iPad Air menjadi lebih dari laptop yang berfungsi, Anda pasti ingin berbelanja secara royal pada aksesori Keyboard Ajaib. Meskipun saya pikir ini luar biasa dan saya menggunakan versi lama dengan iPad Pro 2020 saya, saya tidak ingin membayar yang lain untuk digunakan dengan iPad Air 5, yang tidak kompatibel dengan versi lama.

Sebagai gantinya, saya beralih ke keyboard Bluetooth Keychron K3 dan membawa iPad ke luar untuk melihat kinerjanya. Pada kecerahan penuh, layar dapat dibaca dan saya dapat bekerja dengan cukup bahagia, dan pantulan juga tidak menimbulkan masalah. Koneksi Bluetooth tetap stabil, dan tidak ada masalah dengan latensi. Ini adalah alternatif yang bagus jika Anda tidak berencana untuk menggunakan keyboard fisik dengan iPad Air Anda sesering itu.

iPadOS Apple cepat dan kuat, dan jika Anda menggunakan iOS di iPhone, Anda akan segera menyesuaikannya. Luangkan waktu untuk mempelajari seluk-beluknya, karena fitur multitaskingnya intuitif dan menghemat waktu. Mendapatkan hasil maksimal dari iPadOS itu mudah jika Anda menggunakan ekosistem Apple, yang saya lakukan secara rutin. Mengirim file dari iPhone saya menggunakan AirDrop cepat, saya telah menyimpan video di iCloud dari Mac saya dan mengunduhnya ke iPad tanpa hambatan, dan menyinkronkan dokumen Pages di Mac, iPhone, dan iPad saya tanpa hambatan.

Bahkan menyiapkan iPad sangat sederhana, karena menarik semua data dari cadangan iCloud di iPad Pro saya. Butuh sekitar satu jam untuk menyelesaikannya, dan setelah selesai, saya tidak perlu melakukan banyak hal lain untuk membuatnya berfungsi seperti yang saya inginkan. Semuanya sangat mudah, dan proses orientasi yang efisien ini adalah bagian besar dari daya tarik iPad.

Mereka yang berada di luar ekosistem Apple, atau mengangkangi antara itu dan Google atau Microsoft, mungkin menghadapi beberapa hambatan, tetapi tidak ada yang akan membuat hidup menjadi terlalu canggung. Saya menggunakan Chrome, Drive, Outlook, dan Teams, dan tidak ada yang menyebabkan sakit kepala saat penyiapan atau saat digunakan. Untuk cara saya bekerja, iPad Air 5 adalah alternatif laptop yang sebenarnya, tetapi karena saya akan kembali lagi nanti, itu tidak berarti itu akan lebih murah daripada laptop.

kamera

Hanya sedikit orang yang akan menggunakan iPad Air 5 sebagai kamera utama mereka, tetapi kabar baiknya adalah kamera 12 megapiksel tunggal dengan autofocus, Smart HDR, dan aperture f/1.8 mengambil foto yang menarik dalam pencahayaan biasa. Bidikan penuh warna dan seimbang, dengan rentang dinamis yang sangat baik. Di dalam ruangan, ia menangkap banyak detail tetapi kesulitan dalam pencahayaan yang keras. Ini mengingatkan saya pada kinerja kamera iPhone SE (2020) — bagus, tetapi tidak dirancang untuk menjadi superstar.

Kamera depan 12MP sangat baik. Saya telah menggunakannya pada panggilan Teams dan panggilan Zoom, dan mereka yang menonton video saya berkomentar tentang betapa bagusnya tampilannya. Ini mendukung fitur Panggung Tengah Apple di mana kamera akan menyesuaikan bidang pandang 122 derajat untuk memastikan Anda tetap berada di tengah bingkai bahkan saat Anda bergerak. Ini sangat efektif dan bekerja dari sisi ke sisi dan ke atas dan ke bawah, dan bereaksi dengan cepat terhadap gerakan Anda, tetapi tidak pernah dengan cara yang memusingkan yang akan mengalihkan perhatian siapa pun yang sedang menelepon.

Baterai dan pengisian daya

Di dalam kotak, Apple menyediakan blok pengisian daya 20 watt dan kabel USB Type-C. Itu pasti akan mengisi daya tablet, tetapi itu tidak akan melakukannya dengan sangat cepat. Butuh waktu 30 menit untuk mencapai sekitar 25%, satu jam untuk mencapai 50%, dan 2 jam 20 menit untuk mencapai 100%. Untuk sedikit mempercepat prosesnya, saya menggunakan charger ElecJet X21 GaN Pro. Butuh waktu 30 menit untuk mencapai 35%, satu jam untuk mencapai sekitar 70%, dan mencapai sasaran penuh hanya dalam waktu kurang dari dua jam.

Daya tahan baterai sangat bervariasi tergantung pada apa yang Anda lakukan dengan tablet, tetapi itu bukan keunggulan iPad Air 5. Saya sering menonton video yang disimpan di drive SSD, yang saya sambungkan menggunakan hub USB. Satu jam video yang dilihat dengan cara ini akan menghabiskan masa pakai baterai 30%. Saya menghabiskan beberapa jam mengedit video dengan LumaFusion dan mengunggahnya ke YouTube, ditambah beberapa tugas tak terduga di antaranya, yang menghabiskan 40% baterai. Penggunaan berat seperti ini sepanjang hari berarti baterai mungkin perlu diisi ulang pada akhirnya.

Mungkin menurut Anda ini semua agak boros daya? Tonton video streaming selama 45 menit dan itu menghabiskan sekitar 15% dari masa pakai baterai, dan sekitar satu jam menggunakan Halaman dengan keyboard Bluetooth yang terhubung akan membuat setidaknya 20% dari baterai hilang, jadi bahkan waktu penyalaan layar secara umum tidak’ t benar-benar memperpanjang masa pakai baterai. Tapi itu tidak membuat saya terkesan sejauh ini, meskipun ada kemungkinan itu bisa meningkat karena perangkat lunak menjadi lebih akrab dengan penggunaan saya.

Penyimpanan dan aksesoris

Bahkan jika Anda mulai hanya ingin iPad untuk menonton video atau memesan sesuatu dari Amazon sambil berbaring di sofa, ada kemungkinan besar Anda ingin mengeksploitasi kemampuannya lebih lanjut. Terlalu bagus untuk tidak digunakan lebih luas. Namun, ketika Anda melakukannya, ketahuilah bahwa Anda akan menghadapi beberapa tagihan tambahan karena opsi dan aksesori iPad tidak murah.

Bahkan sebelum Anda memulai, mungkin ada baiknya membayar lebih banyak penyimpanan. IPad Air 5 termurah hadir dengan penyimpanan 64GB dan ini akan habis dengan sangat cepat, terutama karena iPadOS hanya membutuhkan 8GB. Jika Anda bermain game atau mengunduh film, itu tidak cukup. Asphalt 8: Airborne membutuhkan 3,3 GB dan satu unduhan berkualitas tinggi selama 45 menit dari Disney+ adalah 1,6 GB, sehingga Anda dapat langsung melihat seberapa cepat Anda kehabisan ruang.

Maka Anda mungkin ingin membeli beberapa aksesori untuk mendapatkan lebih banyak lagi dari iPad Air 5. Pensil Apple adalah $129 dan Keyboard Ajaib adalah $299, dan meskipun mereka sedikit khusus, mereka benar-benar luar biasa dan benar-benar membantu memaksimalkan keserbagunaan iPad. Smart Folio, yang melindungi tablet dan mengaturnya pada sudut yang praktis untuk menonton video atau mengetik, praktis sangat penting, tetapi itu adalah $80 gila dari Apple. Setidaknya ketika datang ke kasing iPad Air terbaik, Anda memiliki opsi alternatif, tidak seperti jika Anda menginginkan Pensil Apple.

Terakhir, pertimbangkan apakah Anda memerlukan konektivitas 5G atau dapat hidup dengan model Wi-Fi saja. Jika Anda memilih iPad Air 5 dengan opsi Seluler, Anda akan dikenakan biaya tambahan dengan operator Anda agar dapat berfungsi. Atau, Anda dapat menggunakan ponsel Anda sebagai hot spot. Saat iPad mendeteksi bahwa ia tidak memiliki koneksi Wi-Fi dan iPhone Anda berada di dekatnya, ia bahkan memberi Anda pemberitahuan pop-up yang menanyakan apakah Anda ingin mengaktifkan fitur tersebut, jadi ini sangat mudah.

Mungkin layak untuk membayar lebih banyak penyimpanan.

Apa artinya ini semua? iPad Air 5 Wi-Fi 256GB dengan Apple Pencil dan Magic Keyboard akan dikenakan biaya total $1.177. Ada banyak kemampuan, tetapi itu juga banyak uang. Ini adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan jika Anda mengantisipasi menggunakan iPad Air 5 Anda untuk banyak hal yang berbeda baik segera atau di masa mendatang, karena MacBook Air M1 8GB/256GB entry-level berharga $999.

Harga dan ketersediaan

iPad Air 5 tersedia untuk dibeli sekarang. Harganya $599, atau 569 poundsterling Inggris, untuk versi 64GB dasar dengan Wi-Fi. Tambahkan konektivitas 5G dan harga naik menjadi $799 untuk model entry-level. Kami merekomendasikan membayar lebih banyak penyimpanan, dan satu-satunya pilihan lain adalah 256GB, yang menaikkan harga menjadi $749 (719 pound) untuk versi Wi-Fi.

Kami mengambil

IPad Air 5 sangat cocok dengan jajaran tablet besar Apple, yang dimulai dengan iPad $329 yang lebih murah dan naik ke iPad Pro yang jauh lebih mahal $799. Layar ProMotion Liquid Retina XDR 120Hz yang super terang dari iPad Pro dan fitur tambahan untuk kreator — misalnya, Thunderbolt 3, kamera LiDAR, dan lima mikrofonnya — benar-benar membuatnya sepadan dengan biaya tambahannya, tetapi bagaimana dengan iPad Air 5 di atas iPad lebih murah?

Saya akan memilih iPad Air 5 setiap saat. Ini sangat kuat, terlihat seperti tablet modern dengan desain bezel tipis, mendukung semua aksesori Apple yang diinginkan untuk masa depan, dan benar-benar dapat bertindak sebagai alternatif laptop. Itu akan melakukan semua yang mungkin Anda inginkan selama bertahun-tahun, dan desainnya berarti itu akan tetap segar selama waktu itu juga. Saya suka kemampuan pick-up-and-use yang fantastis, yang hadir langsung di luar kotak. Ini adalah kekuatan besar yang tidak benar-benar Anda temukan dengan tablet lain mana pun.

Masa pakai baterai dan jumlah penyimpanan dasar yang lemah adalah kerugiannya, tetapi jika Anda memilih dengan bijak saat membeli dan tidak berkeliaran jauh dari pengisi daya, maka keduanya tidak akan menyebabkan masalah besar. IPad Pro mungkin merupakan iPad yang diinginkan kebanyakan orang, tetapi iPad Air 5 benar-benar semua yang paling dibutuhkan iPad.

Apakah ada alternatif yang lebih baik?

Apple iPad secara umum adalah tablet terbaik yang dapat Anda beli, tetapi iPad Air 5 bukanlah iPad terbaik. iPad Pro 11 inci dan layar ProMotion 120Hz lebih unggul, tetapi juga lebih mahal, bukan? Ya, tetapi model dasar $ 799 hadir dengan ruang penyimpanan 128GB, yang lebih dapat digunakan daripada 64GB dasar Air, atau $899 memberi Anda ruang 256GB. Jika Anda merasa dapat meregangkan iPad Air 5 256GB, pertimbangkan baik-baik basis iPad Pro sebagai alternatif sebelum membeli.

Berapa lama itu akan bertahan?

Asalkan Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup, iPad Air 5 akan bertahan selama bertahun-tahun. iPad Pro (2020) saya masih kuat dan saya belum merasa perlu memperbaruinya. Dukungan perangkat lunak Apple yang luar biasa berarti tablet terus diperbarui setidaknya selama empat tahun atau berpotensi lebih lama. Casing pelindung dengan deskripsi tertentu direkomendasikan jika Anda akan membawa iPad Air 5 ke luar, karena tidak tahan air dan kelenturan di bodinya mungkin berarti mudah rusak.

Haruskah Anda membelinya?

Ya. Anda tidak akan merasa kekurangan jika Anda memilih iPad Air 5 daripada iPad Pro, asalkan Anda tidak berasal dari iPad yang dilengkapi ProMotion, tetapi Anda hampir pasti akan menyesal membeli iPad dasar yang kurang mampu hanya untuk menghemat sedikit uang.

Leave a Reply